Selasa, 18 Juni 2013

SILABUS


SILABUS

Fakultas/ Program Studi : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Administrasi Niaga
Mata Kuliah                    : Dasar- Dasar Pemasaran
Kode Mata Kuliah           : MKB 2024/
3 sks
Semester                        : 3 ( tiga )
Mata Kuliah Prasyarat     : Pengantar Ilmu Ekonomi
Alokasi Waktu                : 3 Sks x  50 menit x 14 Minggu (pertemuan)
                                                                                                                     


Kompetensi
Pada akhir perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1.       Menjelaskan berbagai konsep pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan.
2.       Menjelaskan manfaat yang akan diperoleh apabila perusahaan melakukan segmentasi pasar.
3.       Menjelaskan bagaimana bauran pemasaran/marketing mix yang  dijalankan oleh perusahaan ( meliputi kebijakan produk, harga, saluran distribusi dan promosi ).
4.       Menjelaskan berbagai strategi yang dapat digunakan untuk penembusan pasar.
5.       Memecahkan kasus dalam kegiatan pemasaran dan dapat memberikan solusi bagi permasalahannya.

Deskripsi Mata Kuliah
           Mata kuliah Dasar- Dasar Pemasaran mempunyai ruang lingkup materi pembahasan meliputi konsep pemasaran, falsafah pemasaran, segmentasi pasar, siklus kehidupan produk/ product life cycle, bauran pemasaran/marketing mix yang meliputi kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan saluran distribusi, dan kebijakan promosi. Selain itu mahasiswa juga akan diberikan materi mengenai merk, label dan strategi penembusan pasar.
          Mata kuliah ini berusaha menghubungkan materi perkuliahan dengan realita yang dihadapii sehingga pada akhir perkuliahan akan diberikan latihan soal yang berupa kasus agar mahasiswa dapat memecahkan permasalahan dan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan.

Sasaran Pembelajaran
           Setelah menyelesaikan mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan mampu :
Menganalisis permasalahan dalam kasus pemasaran dan memberi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Metode Pembelajaran
             Perkuliahan disampaikan melalui metode pembelajaran di dalam bentuk ceramah, tanya-jawab, penyajian presentasi,diskusi kelompok, dan studi kasus. Media Belajar mengajar dengan studi pustaka literatur, modul dan jurnal. Di dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, dapat digunakan media belajar mengajar berupa komputer/ laptop, LCD  projector,  white-board, dan sambungan Internet.

Komponen Penilaian
Kehadiran [Minimal 75% untuk dapat mengikuti ujian akhir semester (UAS)]           = 0%;
Tugas Terstruktur (tertulis, presentasi,pemecahan masalah soal kasus)                 = 25%;
Ujian Tengah Semester (UTS)                                                                             = 30%;
Ujian Akhir Semester (UAS)                                                                                = 40%
Kehadiran                                                                                                          = 5%

Buku Acuan Utama
  1. Basu Swasta dan Irawan. 2009. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
  2. Fajar Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  3. Hermawan Kertajaya. 2008. Positioning, Diferensiasi, Brand. Jakarta: PT. Gramedia.
  4. Winarti. 2008. Manajemen Pemasaran. Semarang: UNDIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar