SILABUS
Fakultas/ Program Studi : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Administrasi Niaga
Mata Kuliah :
Dasar- Dasar Pemasaran
Kode Mata Kuliah : MKB 2024/ 3 sks
Kode Mata Kuliah : MKB 2024/ 3 sks
Semester :
3 ( tiga )
Mata Kuliah Prasyarat : Pengantar Ilmu Ekonomi
Mata Kuliah Prasyarat : Pengantar Ilmu Ekonomi
Alokasi Waktu :
3 Sks x 50 menit x 14 Minggu (pertemuan)
Kompetensi
Pada
akhir perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat :
1.
Menjelaskan berbagai konsep pemasaran
yang diterapkan oleh suatu perusahaan.
2.
Menjelaskan manfaat yang akan
diperoleh apabila perusahaan melakukan segmentasi pasar.
3.
Menjelaskan bagaimana bauran
pemasaran/marketing mix yang dijalankan
oleh perusahaan ( meliputi kebijakan produk, harga, saluran distribusi dan
promosi ).
4.
Menjelaskan berbagai strategi yang
dapat digunakan untuk penembusan pasar.
5.
Memecahkan kasus dalam kegiatan
pemasaran dan dapat memberikan solusi bagi permasalahannya.
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah Dasar- Dasar Pemasaran
mempunyai ruang lingkup materi pembahasan meliputi konsep pemasaran, falsafah
pemasaran, segmentasi pasar, siklus kehidupan produk/ product life cycle,
bauran pemasaran/marketing mix yang meliputi kebijakan produk, kebijakan harga,
kebijakan saluran distribusi, dan kebijakan promosi. Selain itu mahasiswa juga
akan diberikan materi mengenai merk, label dan strategi penembusan pasar.
Mata kuliah ini berusaha
menghubungkan materi perkuliahan dengan realita yang dihadapii sehingga pada
akhir perkuliahan akan diberikan latihan soal yang berupa kasus agar mahasiswa
dapat memecahkan permasalahan dan memberikan solusi untuk mengatasi
permasalahan.
Sasaran
Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah
ini para mahasiswa diharapkan mampu :
Menganalisis
permasalahan dalam kasus pemasaran dan memberi solusi untuk mengatasi
permasalahan tersebut.
Metode
Pembelajaran
Perkuliahan disampaikan melalui
metode pembelajaran di dalam bentuk ceramah, tanya-jawab, penyajian
presentasi,diskusi kelompok, dan studi kasus. Media Belajar mengajar dengan
studi pustaka literatur, modul dan jurnal. Di dalam melakukan kegiatan belajar mengajar,
dapat digunakan media belajar mengajar berupa komputer/ laptop, LCD projector,
white-board, dan sambungan Internet.
Komponen
Penilaian
Kehadiran [Minimal
75% untuk dapat mengikuti ujian akhir semester (UAS)] =
0%;
Tugas Terstruktur
(tertulis, presentasi,pemecahan masalah soal kasus) =
25%;
Ujian Tengah Semester
(UTS) =
30%;
Ujian Akhir Semester
(UAS) =
40%
Kehadiran =
5%
Buku
Acuan Utama
- Basu Swasta dan Irawan. 2009. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
- Fajar Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Hermawan Kertajaya. 2008. Positioning, Diferensiasi, Brand. Jakarta: PT. Gramedia.
- Winarti. 2008. Manajemen Pemasaran. Semarang: UNDIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar